Tips Menyusun Makalah

Saat ini makalah sudah menjadi tugas yang umum ditemui di berbagai sekolah mulai dari universitas, SMA, bahkan SMP sudah menjadikan makalah sebagai bagian dari tugas sehari hari. Ini wajar karena menyusun makalah adalah bagian dari melatih untuk terbiasa menulis ilmiah. Makalah adalah bentuk sederhana dari sebuah karya ilmiah. Meskipun cakupannya tidak seluas karya ilmiah namun makalah sudah memenuhi standart penulisan karya ilmiah. Saat menyusun makalah maka kamu akan bertemu dengan yang namanya latar belakang, kata pengantar makalah, menyusun pembahasan, menulis daftar pustaka, dan lain sebagainya.

Namun bagi yang baru mengenalnya tentu menjadi sesuatu yang tidak mudah, pada artikel ini kita akan sama-sama belajar tentang berbagai hal terkait membuat makalah. Dengan memahami bagian-bagian penting dalam menyusun makalah maka akan memudahkan kamu ketika akan menyusun makalah. Semakin sering kamu menulis maka kamu akan terbiasa melakukannya.

Berikut adalah tips menulis makalah:
1. Pastikan kamu sudah mempunyai tema yang akan ditulis.
Menentukan tema adalah hal wajib pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai menulis makalah. Ini berkaitan dengan apa yang ingin kamu tulis. Kebayang saat kamu mau menulis makalah tetapi kamu belum tahu apa yang ingin kamu tulis.
2. Mulai dari permasalahan
Agar memudahkan kamu dalam mengembangkan ide, pastikan dimulai dengan mencari sumber permasalahan yang berkaitan dengan tema makalah. Dengan membuat banyak daftar pertanyaan membuat kamu lebih mudah mengembangkan pembahasan makalah yang lebih detail.
3. Tentukan batasan
Terkadang karena keasyikan membahas masalah terkait tema menjadikan kamu kesulitan dalam menentukan sampai mana kamu akan menyusun makalah. Oleh karenanya pastikan sejak awal menentukan batasan masalah sehingga menudahkan kamu mementukan batasan pembahasan. Dengan adanya batasan masalah juga membantu kamu untuk fokus pada hal yang benar-benar penting, kamu bisa membuat daftar batasan masalah berdasarkan skala prioritas dengan begitu makalahmu akan tetap pada jalur tema yang dibuat.
4. Buatlah kerangka tulisan saat akan menulis.
Point ini sudah sangat familiar, karena ini sudah diajarkan sejak kita duduk di bangku SD. Dengan membuat kerangka akan memudahkan kamu dalam mengembangkan tulisan apappun jenisnya tidak terkecuali menyusun makalah, pastikan bahwa kerangka tersebut adalah point-point utama tentang makalah yang akan kamu tulis.
5. Perbanyak daftar pustaka.
Semakin banyak sumber yang kamu gunakan semakin baik makalah yang akan kamu tulis. Upayakan memperbanyak daftar pustaka yang berkaitan dengan pembahasan tema makalah dengan begitu wawasanmu menjadi semakin luas meskipun semua tidak dicantumkan dalam makalah.

Masih banyak lagi tips menulis makalah yang tersebar di internet, tulisan di atas adalah opini penulis tentang cara mudah menyusun makalah berdasarkan pengalaman selama menjadi siswa maupun mahasiswa. Pastinya siapapun yang pernah memiliki pengalaman menulis tentu memiliki cara tersendiri yang pastinya berbeda dan tidak menutup kemungkinan bisa saja jauh lebih baik dari cara yang penulis gunakan. Sekarang giliran kamu, jangan berhenti untuk terus belajar sebab ilmu yang bermanfaat akan menjadi amal jariyah bagi siapapun yang membagikannya.

Sumber : bunehaba.com

Leave a Reply

*

− 1 = 6