Tips Agar Suskses Melewati Ujian Proposal Penelitian

Apa kabar teman-teman mahasiswa, kali ini admin akan berbagi tips agar sukses melewati ujian proposal penelitian nih.

Pertanyaannya, seberapa penting sih kita harus memiliki tips agar sukses melewati ujian proposal penelitian? apakah di setiap ujian proposal penelitian pasti akan diakhiri dengan nilai cukup bahkan bagus serta pasti lulus? No.

Yap, benar sekali. Setiap ujian proposal penelitian dilakukan pada setiap mahasiswa yang akan melakukan penelitian sebagai tugas akhir studinya, masih sangat terbuka lebar potensi tidak lulus dan otomatis mahasiswa tersebut wajib mengulangi ujian proposal penelitiannya.

Wah sayang sekali bukan jika di momen spesial ini kita harus menyiapkan energi dua kali untuk melalui ujian yang sama. Kenapa tidak lebih baik jika bisa diantisipasi sedari awal.

Pernah sekali teman satu angkatan admin juga mengalami hal dramatis saat ujian proposal dan hasil akhirnya teman ini harus mengulangi ujian proposal lagi dengan banyak revisi. Jika perihal revisi, mungkin memang sesuatu yang tak bisa dihindari ya. Yah namanya penguji yang beda kepala otomatis akan menghasilkan pemikiran berbeda.

Baik, yuk simak tips dari admin agar sukses melewati ujian proposal penelitian.

 

Menyiapkan Mental

Persiapan mental ini merupakan poin sangat penting dalam hal ini. Kenapa? karena jika kesiapan mental kurang siap meski kesiapan materi proposal sudah bagus (umumnya) pada hari H nya akan memberikan pengaruh kurang baik.

Misalnya, karena kurang siap mental misal kurang percaya diri dengan karyanya sendiri sangat mungkin sekali lho hal tersebut akan mengganggu ingatan kita tentang materi-materi yang sudah disiapkan sehingga lupa ataupun salah dalam menjawab pertanyaan penguji. Sehingga terkesan tidak menguasai atau kurang siap.

Sayang sekali bukan, hanya karena mental yang kurang siap dampaknya pada kualitas respon dan jawaban kita pada pihak penguji. Sehingga tak bisa disalahkan jika pengujipun akan meragukan proposal penelitian kita dan berpotensi merevisi total bahkan dari judul proposal kita.

 

Memastikan Kondisi Fisik

Maksud dari memastikan kondisi fisik ini adalah tentang upaya kita menyiapkan fisik kita agar benar-benar fit saat presentasi proposal penelitian. Poin juga merupakan poin yang mutlak harus terpenuhi. Minimal kita tidak dalam kondisi sakit.

Lebih dari itu, agar kita bisa benar-benar fit saat ujian, tipsnya adalah di detik-detik menjelang ujian katkan satu atau dua hari sebelum ujian usahakan fisik kita tidak terforsir. Kalaupun terpaksa harus terforsir maka harus ada konsekuensi agar tubuh tetap terpenuhi haknya.

Pada umumnya jadwal ujian proposal penelitian sudah keluar jauh hari, satu minggu sebelum ujian biasanya sudah keluar jadwalnya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk kita persiapkan fisik dan mental kita untuk benar-benar fokus pada target ujian proposal penelitian.

 

Menguasai Seluruh Isi Proposal Penelitian

Nah ini adalah poin non teknis. Tetapi juga memiliki peran penting sekali ya. Bayangkan jika kita sendiri sebagai peneliti masih kurang menguasai isi dari proposal penelitian kita.

Secara teknisnya, tips ketiga ini adalah kita harus benar-benar memahami isi latar belakang penelitian kita. Mulai dari poin tentang apa pentingnya penelitian ini dilakukan, ada problem apa di lapangan yang membutuhkan solusi yang berhubungan dengan tema penelitian, data-data statistik yang mendukung latar belakang penelitian.

Menguasai isi proposal, bukan berarti harus menghafal keseluruhan isi proposal kita. Cukup kita paham isi secara umumnya, lalu pahami poin-poin babnya. Pahami saja ya bukan sekedar membacanyaa. Hafalpun terkadang belum tentu paham. Jadi sekali lagi, kita harus benar-benar paham dengan apa yang kita tulis dalam proposal kita.

 

Berlatih

Berlatih disini fungsinya adalah mengurangi khawatir ataupun cemas berlebihan. Teorinya semakin kita berlatih menghadapi sesuatu yang sedang dicemaskan atau dikhawatirkan maka hasilnya tingkat kecemasan itu akan berkurang.

Hal ini berdasarkan pada teori behavioris. Yang menyatakan bahwa perilaku manusia itu bisa terbentuk oleh lingkungan maupun kebiasaan.

Sehingga, jika kita menginginkan perilaku tenang atau tidak cemas saat presentasi proposal kitapun butuh melatih tubuh dan pikiran kita sesuai dengan target perilaku yang kita inginkan.

 

Demikian ulasan dari admin terkait tips agar sukses melewati ujian proposal penelitian

 

Bagi yang sudah berstatus mahasiswa akhir, dan sudah ingin menikah menarik juga baca-baca artikel ini

Leave a Reply

*

+ 12 = 19